Bandhaso, Gery Malino (2019) USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI CLUB HOUSE AND POOL CASA GRANDE. S1 thesis, UAJY.
TI08394.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Club House and Pool Casa Grande merupakan salah satu tempat penyewaan
fasilitas olahraga. Club House and Pool Casa Grande beralamatkan di Perumahan
Casa Grande, Jl. Casa Grande, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok,
Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut pelayanan kualitas
jasa yang perlu diperbaiki, serta memberikan usulan perbaikan kualitas pelayanan
di Club House and Pool Casa Grande. Pengumpulan data dilakukan dengan
menyebar kuisioner kepada pelanggan sebanyak 105 responden. Analisis data
menggunakan metode Servqual dan metode Importance Performance Analysis
(IPA). Metode Servqual akan menganalisis 5 dimensi kualitas jasa yaitu tangible,
emphaty, reliability, responsivennes, dan assurance. Pada metode Importance
Performance Analysis, atribut pelayanan akan dikelompokkan dalam suatu
Diagram Kartesius dan akan ditentukan atribut prioritas perbaikan.
Dari hasil analisis perhitungan Gap didapatkan bahwa nilai dimensi tangible
-0,3540, emphaty -0,0857, reliability -0,0524, responsiveness -0,2000, dan
-0,4024. Dari analisis dengan metode IPA yang menjadi prioritas perbaikan adalah
atribut T3, T4, Res1, A3, dan A4. Usulan perbaikan berturut-turut antara lain,
menganti beberapa bagian toilet antara lain wastafel dan cermin, memilih jenis
tanaman yang akan ditanam di sekitar kolam renang, pembagian daerah kerja
untuk tenaga kebersihan, penambahan loker barang bawaan, dan penambahan
monitor pengawas cctv serta penambahan tenaga kerja dibagian keamanan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelanggan, Servqual, Importance Performance Analysis. |
| Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 04 Mar 2020 02:31 |
| Last Modified: | 04 Mar 2020 02:31 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21530 |
