Prastowo, Novandanu (2019) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @MORISDIAK DENGAN TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS. S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of KOM05498.pdf] Text
KOM05498.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas
mengakses akun Instagram @morisdiak dengan tingkat kepuasan followers. Akun
Instagram @morisdiak merupakan media yang dimanfaatkan untuk melakukan
kegiatan komunikasi pemasaran kepada konsumen. Penulis meneliti hubungan
yang terjadi antara intensitas mengakses akun Instagram @morisdiak dengan
kepuasan yang dirasakan followers. Teori utama yang digunakan adalah uses and
gratification, teori ini menjelaskan peranan manusia dalam memenuhi kepuasan
akan kebutuhan mereka menggunakan media.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Penulis melakukan pengumpulan data dengan metode survei yang mengutamakan
kuesioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi, dengan jumlah
responden adalah 93 orang. Setelah data terkumpul, penulis kemudian melakukan
pengolahan data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi
product moment pearson yang bertujuan untuk mengetahui derajat kekuatan
hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan antar variabel. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara intensitas mengakses
akun Instagram @morisdiak dengan tingkat kepuasan followers.
Hasil penelitian berdasarkan analisis korelasi product moment pearson,
tingkat kepuasan followers masih rendah karena hasil analisis didapatkan angka
koefisien korelasi 0,370 (p<0,05). Artinya, hipotesis bahwa ada hubungan antara
intensitas mengakses akun Instagram @morisdiak dengan tingkat kepuasan
followers diterima. Angka korelasi antar variabel tersebut jika dipersentasekan
menjadi 37% artinya masih ada 63% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: uses and gratification, Intensitas, Kepuasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: uses and gratification, Intensitas, Kepuasan.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:09
Last Modified: 29 Jan 2020 02:09
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item
View Item