Irawan, Clodya Feronnis (2019) REPRESENTASI ETNIS TIONGHOA DALAM FILM INDONESIA (Analisis Semiotika pada Film Cek Toko Sebelah ). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of KOM05324.pdf] Text
KOM05324.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi etnis
Tionghoa dalam film Cek Toko Sebelah. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme serta menggunakan
metode analisis semiotika yang membagi tanda atas denotasi, konotasi dan mitos.
Berdasarkan hasil analisis data, maka kesimpulan pada penelitian ini, bahwa
konsep niilai-nilai etnis Tionghoa dalam film “Cek Toko Sebelah” yang
didapatkan dari beberapa scene adalah sebagai berikut: (1) anggapan atau
stereotip bahwa orang etnis Tionghoa cenderung sombong dan tidak ramah
terhadap orang lain, pada film ini sudah terbantahkan. Pada kenyataannya orang
etnis Tionghoa ramah dan dapat baik hatinya; (2) orang tua dari etnis Tionghoa
lebih senang jika anak mereka menikah dengan orang dari etnis yang sama dan
bukan dengan orang pribumi; (3) hubungan kekeluargaan bagi orang etnis
Tionghoa adalah hubungan yang lebih utama dan lebih penting dibandingkan
hubungan yang lain sehingga orang tua etnis Tionghoa selalu menginginkan yang
terbaik dari anak-anak mereka. Pola asuh mereka berbeda dengan orang tua
kebanyakan, orang tua etnis Tionghoa dikenal sebagai orang tua yang mendidik
anak mereka dengan tekad berjuang yang kuat sebagai hasil dari perjuangan
mereka untuk menyambung hidup di negeri orang, sehingga orang tua etnis
Tionghoa akan lebih menyenangi anak mereka yang sukses daripada anak mereka
yang tidak sukses; (4) bakat bisnis dan kewirausahaan adalah bakat dan pekerjaan
yang pilih dan dimiliki oleh mayoritas orang etnis Tionghoa; (5) bisnis keluarga
bagi orang etnis Tionghoa adalah kebanggaan yang harus diwariskan secara turun
temurun, orang tua etnis Tionghoa ingin anak mereka menjadi penerus bisnis
keluarga, karena lebih baik sukses membangun bisnis keluarga daripada sukses di
pekerjaan yang lain; (6) orang Tionghoa memilili khas fisik bermata sipit sebagai
ras Mongolia.
Kata Kunci: Representasi, Nilai, Etnis Tionghoa, Semiotika Barthes, Cek Toko Sebelah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Nilai, Etnis Tionghoa, Semiotika Barthes, Cek Toko Sebelah
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:35
Last Modified: 29 Jan 2020 01:38
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21225

Actions (login required)

View Item
View Item