WIJAYA, GREGORIUS DANIEL DHIMAS (2019) PENGARUH KUALITAS PESAN AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DAN /ATAU MINUMAN PARA FOLLOWERS. S1 thesis, UAJY.
KOM05086.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Akun pengulas wisata makanan dan minuman yang bermunculan di kota Surakarta,
menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang sebagian besar adalah anak
muda dengan gaya hidup yang dinamis. Daya tarik tersebut mengacu pengguna Instagram
khususnya para pengikut akun-akun pengulas makanan dan minuman tersebut untuk
untuk menelisik lebih dalam wisata makanan dan minuman yang ada di kota tersebut.
Dari berbagai akun pengulas wisata makanan dan minuman yang ada di kota Surakarta
terdapat strategi untuk dapat tetap mempertahankan eksistensi dan ketertarikan pengguna
Instagram untuk mengikuti akun tersebut adalah dengan menampilkan pesan-pesan yang
dapat disajikan melalui foto atau video.
Pesan ini merupakan perangkat simbol yang dikirimkan oleh pengirim (Kotler, 1997:
78). Salah satu media atau sarana yang dapat digunakan oleh pemasar sebagai tempat
menampilkan pesan adalah media sosial Instagram. Daya tarik isi pesan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah daya tarik rasional dan daya tarik emosional. Adanya daya
tarik isi pesan yang terdapat pada akun Isntagram @kulinerdisolo dapat menimbulkan
minat beli produk para pengikutnya. Melalui pesan menarik yang diberikan oleh
mengenai wisata makanan dan minuman lewat Instagram diharapkan dapat memberikan
stimulus kepada para pengikut akun sehingga dapat berminat untuk melakukan
pembelian produk pada restoran, warung, kedai penjual makanan ataupun minuman
tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pesan akun Instagram
@kulinerdisolo terhadap minat beli makanan dan /atau minuman para followers.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 2 variabel yaitu variabel X daya
tarik isi pesan Instagram dan variabel Y minat beli produk calon konsumen.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 170 orang responden yang
merupakan followers akun Instagram @kulinerdisolo. Dari hasil penelitian ini diketahui
bahwa Ha diterima dengan nilai Sig 0,00 yang lebih kecil dari standart nilai probabilitas
sebesar 0,05. Variabel daya tarik isi pesan Instagram secara signifikan berpengaruh
positif pada variabel minat beli makanan dan /atau minuman pengikut akun
@kulinerdisolo. Apabila daya tarik isi pesan Instagram yang diterima responden atau
pengikut akun Instagram @kulinerdisolo semakin tinggi, maka akan meningkatkan minat
beli produk calon konsumen juga.
Kata Kunci: daya tarik isi pesan, minat beli
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | daya tarik isi pesan, minat beli |
| Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 28 Jan 2020 06:11 |
| Last Modified: | 28 Jan 2020 06:11 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21214 |
