Razali, Fransiscus Andrian (2019) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TWITTER PT ANGKASA PURA I BANDARA ADISUTJIPTO DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of KOM05034.pdf] Text
KOM05034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengelolaan media sosial Instagram dan
Twitter PT AP I Bandara Adisutjipto dalam menyediakan informasi publik.
Penelitian ini ingin melihat bagaimana sebuah perusahaan BUMN yang
berkewajiban dalam menyediakan informasi publik mengelola media sosialnya
dalam menyediakan informasi publik tersebut. Sehingga rumusan masalah yang
ingin dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan media sosial
Instagram dan Twitter PT AP I Bandara Adisutjipto dalam menyediakan
informasi publik.
Berlandaskan dari dasar-dasar pengelolaan media sosial kepemerintahan,
penelitian ini berangkat untuk melihat bagaimana pengelolaan media sosial di
sebuah institusi BUMN berjalan dalam rangka untuk memenuhi UU no. 14 Tahun
2008 yaitu tentang informasi publik. Dalam buku Pengelolaan Media Sosial
Kepemerintahan terdapat empat tahapan utama yaitu tahapan perencanaan,
tahapan pendistribusian konten dan tahapan evaluasi. Berangkat dari situ
penelitian ini ingin melihat bagiamana pengelolaan dan dikaitkan dengan
menyediakan informasi publik.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
metode deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, dokumentasi. Narasumber yang dipilih oleh penaiti yaitu admin
media sosial PT AP I Bandara Adisutjipto, Head Department dari divisi
Communication and Legal dan dua Staff Communication and Legal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan media sosial
Instagram dan Twitter PT AP I Bandara Adisutjipto dalam menyediakan
informasi publik memiliki tahapan-tahapan yaitu dari perencanaan yang meliputi
pembuatan tujuan, menetapkan audiens, menyusun strategi, menyusun pesan dan
penggunaan teknologi. Tahapan kedua adalah aktivasi atau pendistribusian
konten yang harus memperhatikan akun, frekuensi dan waktu penayangan,
pengoptimalisasian kata kunci dan penangan akun kedua media sosial dan
tahapan terahkir adalah optimalisasi pada PT AP I Bandara Adisutjipto
optimalisasi meliputi evaluasi dan penyusunan laporan
Dalam pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter, PT AP I Bandara
Adisutjipto menjadikan informasi publik menjadi tujuan. Dalam praktiknya
informasi-informasi yang ada pada kedua media sosial PT AP I Bandara
Adisutjipto adalah informasi yang jenisnya berkala dan informasi serta merta.
Kata kunci : Media Sosial, Pengelolaan, Informasi Publik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Pengelolaan, Informasi Publik
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:05
Last Modified: 28 Jan 2020 06:05
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item
View Item