Putri, Maria Jessica Adika (2019) Proses Komunikasi Pemasaran Mezzanine Eatery and Coffee dalam Membangun Brand Awareness. S1 thesis, UAJY.
KOM05011.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Di Yogyakarta bisnis restoran merupakan salah satu bisnis yang semakin
berkembang pesat. Berbagai restoran dengan ciri khas masing-masing
bermunculan dan saling bersaing untuk merebutkan target konsumen. Berbicara
mengenai perkembangan dan persaingan bisnis restoran yang semakin ketat,
brand awareness juga dirasa penting bagi kesuksesan bisnis restoran saat ini.
Dengan membangun brand awareness target konsumen diajak untuk terlebih
dahulu mengenal brand dan akan muncul niat membeli. Menjalankan proses
komunikasi pemasaran merupakan salah satu cara bagi perusahaan dalam
membangun brand awareness.
Penelitian ini membahas mengeni proses komunikasi pemasaran
Mezzanine Eatery and Coffee dalam membangun brand awareness. Tujuan
penelitian ini untuk proses komunikasi pemasaran yang dijalankan Mezzanine,
mencakup tahapan-tahapan dalam proses komunikasi untuk membangun brand
awareness Mezzanine, sebagai restoran di kawasan Palagan, Yogyakarta yang
memiliki konsep restoran eatery and coffee serta summer tropical garden.
Metode penelitian penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data-data
penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan tim Marketing
Communication Mezzanine Eatery and Coffee dan dokumentasi dari media sosial,
portal berita online maupun dokumen perusahaan. Hasil penelitian ini
menunjukkan proses komunikasi pemasaran Mezzanine Eatery and Coffee dalam
membangun brand awareness relevan dengan tahapan strategi komunikasi
pemasaran yang dijabarkan oleh (Kotler & Keller 2009, hal.179). Proses
komunikasi pemasaran tersebut meliputi tujuh tahapan yakni, mengidentifikasi
target pasar, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memutuskan
saluran komunikasi menetapkan anggaran, memutuskan bauran komunikasi, dan
mengintegrasikan alat-alat promosi yang digunakan dalam membangun brand
awareness. Proses komunikasi pemasaran yang mencakup ketujuh tahapan
tersebut telah memiliki alur yang jelas sekaligus dapat terus dijalankan
Mezzanine, terutama dalam meningkatkan level brand awareness Mezzanine,
menjadi top of mind.
Kata kunci: Restoran, Brand Awareness, Proses Komunikasi Pemasaran,Mezzanine Eatery and Coffee.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Restoran, Brand Awareness, Proses Komunikasi Pemasaran,Mezzanine Eatery and Coffee. |
| Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 28 Jan 2020 04:08 |
| Last Modified: | 28 Jan 2020 04:08 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21212 |
