Trisani, I Gusti Ayu Mitha (2019) SOSIALISASI NILAI-NILAI BUDAYA ORGANISASI DI WAROENG SPESIAL SAMBAL. S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of KOM05424.pdf] Text
KOM05424.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Budaya organisasi merupakan falsafah, ideologi, nilai-nilai, anggapan, keyakinan,
harapan, sikap dan norma-norma yang dimiliki secara bersama serta mengikat
dalam suatu organisasi. Penelitian ini fokus pada sosialisasi nilai-nilai budaya
organisasi dikarenakan pada teorinya nilai adalah hal yang paling mendasar di
dalam budaya organisasi. Tanpa pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai yang
dimiliki oleh organisasi, maka aktivitas anggota organisasinya akan tidak sinkron
dengan apa yang menjadi tujuan dari organisasi. Sosialisasi dapat digunakan
untuk dapat membantu karyawan dalam memahami budaya di organisasi dan
menimalisir culture shock melalui komunikasi. Sosialisasi tidak hanya diberikan
kepada pendatang baru namun juga untuk karyawan senior agar dapat menjaga
keberlangsungan nilai-nilai organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyampaian nilai-nilai budaya
organisasi melalui komunikasi dalam sosialisasi nilai-nilai budaya organisasi di
Waroeng Spesial Sambal. Penelitian ini akan melihat bagaimana sosialisasi nilainilai
budaya organisasi di Waroeng Spesial Sambal yakni berdasarkan prosesnya
dan cara pengkomunikasiannya sesuai dengan teori komunikasi organisasi dan
budaya organisasi yang digunakan di dalam penelitian. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data wawancara mendalam dan observasi. Wawancara mendalam dilakukan
kepada tim SDM, satu pihak karyawan baru dan satu pihak karyawan lama di
Waroeng Spesial Sambal.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sosialisasi di Waroeng Spesial Sambal
meliputi tiga tahapan pada prosesnya yakni tahap pra kedatangan, perjumpaan dan
metarmofosis. Tahap pra kedatangan ketika karyawan belum resmi bergabung di
dalam organisasi, perjumpaan ketika karyawan sudah resmi bergabung di dalam
organisasi dan tahap metarmofosis ketika karyawan sudah dapat memahami nilainilai
budaya organisasi. Komunikasi yang digunakan dalam mengkomunikasikan
nilai-nilai budaya organisasi pada tahapannya yakni komunikasi lisan. Melalui
komunikasi lisan pemateri mendapatkan feedback secara langsung dari audience
berupa saran dan pertanyaan yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi.
Kata Kunci: sosialisasi nilai budaya organisasi, nilai budaya organisasi, teori budaya organisasi, teori komunikasi organisasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sosialisasi nilai budaya organisasi, nilai budaya organisasi, teori budaya organisasi, teori komunikasi organisasi
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2020 06:55
Last Modified: 22 Jan 2020 06:55
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/21080

Actions (login required)

View Item
View Item