MUAJA, FARAH VIACESARCIO (2019) PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP KESELAMATAN AKIBAT MEDIA IKLAN LUAR RUANGAN (VIDEOTRON). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS16154 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
TS16154 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
TS16154 2.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
TS16154 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
TS16154 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
TS16154 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI]
Preview
Text (BAB VI)
TS16154 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Videotron merupakan salah satu media periklanan yang merupakan
pengembangan dari billboard (papan reklame). Videotron menggunakan teknik
gambar bergerak untuk menampilkan iklan kepada khalayak. Keberadaan media
iklan luar ruangan berpotensi memberikan gangguan terhadap pengguna jalan
karena menghalangi rambu atau menimbulkan beban visual apabila bentuk dan
penempatannya tidak tepat. Pengaruh media reklame videotron dikhawatirkan
dapat menimbulkan dampak negatif terhadap pengguna jalan dan mengganggu
konsentrasi pengendara atau pengguna jalan sehingga membahayakan
keselamatan.
Penelitian dilakukan di empat lokasi yaitu di Jalan Jendral Sudirman,
Simpang Galeria Mall, Plaza Telkom Jalan Suroto dan Stadion Kridosono Jalan
Abu Bakar Ali dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna jalan yang
pernah melewati lokasi videotron tersebut. Kemudian dilakukan analisis terhadap
jawaban dari 100 responden yang telah menjawab kuesioner tentang pengaruh
videotron terhadap keselamatan pengguna jalan dan faktor yang mempengaruhi
keselamatan pengguna jalan akibat videotron.
Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa 60% responden setuju bahwa
pengguna jalan tidak memperhatikan rambu-rambu yang berada di sekitar
videotron berada, 65% setuju bahwa lebih cenderung membaca pesan di papan
iklan digital daripada konvensional, 61% setuju memperlambat laju kendaraan
untuk membaca pesan dalam videotron, 64% setuju videotron lebih mengganggu
konsentrasi berkendara daripada papan iklan konvensional, 67% setuju videotron
yang ada secara tidak langsung mengganggu keamanan dan keselamatan umum
dengan faktor yang mempengaruhi yaitu 64% tidak setuju ukuran videotron yang
ditampilkan sudah baik, 55% tidak setuju videotron sudah ditempatkan pada
lokasi yang tepat, 62% tidak setuju informasi pada videotron dapat dilihat dengan
jelas walaupun sambil berkendara, 63% setuju konten videotron menarik, 52%
setuju cahaya videotrin cukup mengganggu. Kemudian diharapkan ada peraturan
pembatasan jumlah videotron di satu lokasi, batasan ukuran dan tinggi serta
batasan penggunaan cahaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: videotron, keselamatan, pengguna jalan, gangguan berkendara.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Users 5930 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:18
Last Modified: 14 Jan 2020 03:18
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20829

Actions (login required)

View Item
View Item