JAMALIN, JAMALIN (2019) EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT MIROTA KAMPUS Jl. GODEAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
TS162250.pdf
Download (1MB) | Preview
TS162251.pdf
Download (102kB) | Preview
TS162252.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
TS162253.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB)
TS162254.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
TS162255.pdf
Restricted to Registered users only
Download (818kB)
TS162256.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan kinerja Simpang
Empat Mirota Kampus Jl.Godean, Yogyakarta dan mengetahui arus lalu lintas yang
meliputi : derajat kejenuhan (DJ), tundaan (T) dan peluang antrian (PA) pada saat
ini di Simpang Empat Mirota Kampus Jl.Godean, Yogyakarta dan memberikan
solusi alternatif penyelesaian masalah jika simpang melebihi batas yang
diisyaratkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk
mengatasi kemacetan lalu lintas yang ada pada simpang Empat Mirota Kampus Jl.
Godean Yogyakarta dan meningkatkan kinerja simpang untuk kedepannya.
Pelaksanaan pengambilan data lapangan dilakukan selama 2 hari, yaitu
Selasa dan Kamis pada tanggal 9 dan 11 Oktober 2018 dalam 1 harinya dibagi
dalam 3 waktu sesi pengamatan, yaitu pagi ( 06.00–08.00 WIB ), siang ( 12.00–
14.00 WIB ), dan sore ( 16.00–18.00 WIB ). Pencatatan dilakukan dengan interval
waktu setiap 15 menit. Metode pelaksanaan dilakukan dengan melakukan
pencatatan dan perhitungan jumlah kendaraan yang melewati ke empat sisi
simpang. Kemudian juga melakukan pencatatan data geometrik simpang.
Dari penelitian didapat jam puncak dengan interval per-15 menit pada hari
Kamis, pada pagi hari pukul 07:45-08:00 sebesar 1135,5 smp/jam. Untuk
perhitungan kapasitas, data yang digunakan adalah volume lalu lintas pada hari
Selasa pagi 9 Oktober 2018 pukul 07:00-08:00, dengan hasil 4245,1 skr/jam yang
merupakan kapasitas tertinggi berdasarkan hasil survei. Untuk hasil analisis kinerja
simpang dengan menggunakan APILL dan pelebaran geometrik diperoleh derajat
kejenuhan pada pada pendekat arah Utara = 0,416, Selatan = 0,409, Timur = 0,816
dan arah Barat = 0,712. Untuk nilai tundaan dari pendekat arah Utara = 54,21
det/skr, Selatan = 56,52 det/skr, Timur = 37,19 det/skr dan arah Barat = 41,21
det/skr. Kemudian hasil dari Panjang antrian dari pendekat arah Utara = 51 m,
Selatan = 49 m, Timur = 127 m dan arah Barat= 97 m. Alternatif solusi yang diambil
dalam permasalahan kemacetan Simpang Empat Mirota Kampus Jl.Godean saat ini
adalah melakukan penerapan lampu APILL dan dengan memanfaatkan bahu jalan
dijadikan sebagai pelebaran geometrik, sehingga dapat menambah kapasitas
kendaraan yang lewat.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja simpang, jam puncak, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian. |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 14 Jan 2020 02:14 |
| Last Modified: | 14 Jan 2020 02:14 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20821 |
