SEBASTIAN, JULIUS AXL ADINDRAWI (2019) MANAJEMEN HUMAS DALAM PENGELOLAAN EVENT HARI PELANGGAN NASIONAL TAHUN 2018 (Studi Kasus Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05674 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
KOM05674 1.pdf

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
KOM05674 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
KOM05674 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
Text (BAB IV)
KOM05674 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Humas sebagai bagian dari fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan
memiliki peran yang cukup penting untuk membangun hubungan yang baik
dengan publik perusahaan serta menciptakan dan meningkatkan citra positif
perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai humas di salah satu bandara
yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yakni
Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Salah satu aktivitas kehumasan
yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara
Jenderal Ahmad Yani Semarang yakni dengan melakukan manajemen humas
dalam perayaan event Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada tahun 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen humas yang dilakukan
oleh humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad
Yani Semarang dalam event Hari Pelanggan Nasional tahun 2018. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian yang
digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data
dilakukan menggunakan konsep analisis data menurut Miles, et.al yakni
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Manajemen humas yang dilakukan dalam event Harpelnas tahun 2018
dimulai dari tahapan evaluasi dengan melihat eksekusi sebelumnya,
dilanjutkan ke tahapan perencanaan dengan menetapkan tujuan, merumuskan
pesan komunikasi, menetapkan target sasaran, menetapkan media
komunikasi, dan mengelola sumber daya. Selanjutnya melakukan eksekusi
atas perencanaan yang telah disusun, dan terakhir melakukan evaluasi atas
eksekusi yang telah dilakukan berdasarkan indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan sebelumnya. Pada akhirnya manajemen humas yang dilakukan
dalam event Harpelnas tahun 2018 bertujuan untuk membentuk dan
meningkatkan citra positif perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas, Event, Pelanggan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Users 5930 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:05
Last Modified: 08 Jan 2020 07:05
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item
View Item