Kalinin, Claudia Blossom (2019) IMPLEMENTASI CONTENT MARKETING FRAMEWORK OLEH HI JACK SANDALS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN BRAND ESSENCE. S1 thesis, UAJY.
KOM05441 0.pdf
Download (551kB) | Preview
KOM05441 1.pdf
Download (728kB) | Preview
KOM05441 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (982kB)
KOM05441 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
KOM05441 4.pdf
Download (629kB) | Preview
Abstract
Brand essence merupakan seperangkat nilai yang dijunjung tinggi oleh
sebuah perusahaan. Nilai-nilai tersebut menjadi panduan merek dan juga sebagai
tolak ukur untuk mengevaluasi segala bentuk aktivasi merek. Pesan merek
semestinya merefleksikan brand essence agar menjadi relevan dan konsisten.
Dalam pemasaran digital, pesan merupakan salah satu hal yang fundamental. Salah
satu cara mengkomunikasikan pesan secara online agar tujuannya tercapai, dapat
dirancang menggunakan content marketing framework (CMF) dari Robert Rose.
Penelitian ini mengambil kasus Hi Jack Sandals, sebagai salah satu merek yang
menjalankan aktivitas content marketing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi content marketing
framework oleh Hi Jack Sandals dalam mengkomunikasikan brand essence melalui
Instagram dan website. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam serta dokumentasi
Instagram dan Website.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hi Jack Sandals
mengimplementasikan content marketing melalui tahapan yang lebih detil
dibandingkan dengan Content Marketing Framework dari Rose (2017). Tahapan
tersebut meliputi: menentukan tujuan, target audiens, menentukan konten,
pemilihan media kanal, perencanaan kegiatan, implementasi dan monitoring dan
evaluasi. Tujuan content marketing Hi Jack Sandals adalah untuk menumbuhkan
kedekatan emosional dan meningkatkan engagement dari audiens. Setiap tahapan
CMF yang dilakukan, Hi Jack Sandals berusaha konsisten dalam
mengkomunikasikan brand essence yakni confidence dan comfort. Brand essence
tersebut menjadi pedoman bagi Hi Jack Sandals dalam membuat produk maupun
konten yang dibagikan kepada audiens.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Content marketing framework, Instagram, website, brand essence, Hi Jack Sandals |
| Subjects: | Komunikasi > Advertising |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 08 Jan 2020 05:57 |
| Last Modified: | 08 Jan 2020 05:57 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20770 |
