ZAKARIA, LIYANA NURATIQAH (2019) KUALITAS MEDIA RELATIONS PT. NEW RATNA MOTOR DALAM MEMBANGUN RELASI DENGAN MEDIA BERDASARKAN TEORI ORGANIZATION PUBLIC RELATIONSHIP. S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM04664 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
KOM04664 1.pdf

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
KOM04664 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
KOM04664 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
Text (BAB IV)
KOM04664 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kualitas media relations PT. New Ratna dalam
membangun relasi dengan media berdasarkan teori organization public
relationship sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Penelitian ini
menggunakan lima dimensi dari Organization Public Relationship (OPR) sebagai
acuan untuk meneliti kualitas media relations yang dilakukan oleh Public
Relation (PR) dari PT. New Ratna Motor Semarang dalam membangun relasi
dengan media.
Tiga media yang masih intens menjalin relasi dengan PT. New Ratna Motor yaitu
Kedaulatan Rakyat (KR), Solo Pos, Radar Semarang. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas media relations PT. New
Ratna Motor sebagai gambaran dan strategi manajemen dalam media relations
bagi praktisi PR. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan jenis
penelitian kualitatif, metode penelitian studi kasus dengan pendekatan riset, teknik
wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kelima dimensi Organization Public
Relationship (OPR) yang dijalankan oleh PT. New Ratna Motor telah terpenuhi,
hal ini dapat dirasakan oleh masing-masing personal maupun organisasi yang
melakukan hubungan relasi yang berlangsung lama antara 10 sampai 20 tahun.
Kelima dimensi tersebut yakni control mutuality, trust, satisfaction, commitment,
exchange relationship, communal relationship.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas media relations, relasi, Organization Public Relationship.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Users 5930 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 05:09
Last Modified: 07 Jan 2020 05:09
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20765

Actions (login required)

View Item
View Item