ANANDIKO, BENEDICTUS RIO (2019) PERBANDINGAN METODE TRANSPORT SEDIMEN. S1 thesis, UAJY.
TS15981 0.pdf
Download (1MB) | Preview
TS15981 1.pdf
Download (139kB) | Preview
TS15981 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
TS15981 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
TS15981 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
TS15981 5.pdf
Download (497kB) | Preview
Abstract
Sedimen merupakan pecahan, mineral, atau material organik yang terbentuk
dari berbagai sumber dan diendapkan oleh berbagai media dan juga termasuk
didalamnya material yang diendapkan dari material yang melayang dalam air atau
dalam bentuk larutan kimia Sedimentasi terjadi apabila sedimen-sedimen yang
terangkut jumlahnya lebih besar daripada kapasitas sedimen yang ada. Muatan
dasar (bedload) merupakan partikel yang bergerak pada dasar sungai dengan cara
berguling, meluncur dan meloncat. Muatan dasar keadaanya selalu bergerak,oleh
sebab itu pada sepanjang aliran dasar sungai selalu terjadi proses degradasi dan
agradasi yang disebut sebagai “alterasi dasar sungai”.
Berdasarkan permasalahan sedimen yang terjadi, maka perlu dilakukan
analisis dengan berbagai macam metode. Dari metode-metode yang ada tentu
terdapat perbedaan yang mempengaruhi hasil akhirnya yaitu berupa banyaknya
sedimen yang terangkut. Banyaknya sedimen yang terangkut ini mempengaruhi
dampak terhadap volume waduk. Berbagai metode telah banyak dikembangkan oleh
peneliti dari tahun ke tahun diantaranya yakni Duboy, Rottner, Pacheco-Ceballos,
dan Chang, Simons and Richardson. Dalam penelitian ini, metode-metode tersebut
akan dianalisis perbedaan output dari tiap-tiap metode lainnya sehingga didapatkan
hasil perbandingan jumlah transport sedimen.
Berdasarkan penelitian dari data 1, hasil perhitungan dengan metode Shield
dinyatakan paling mendekati hasil di lapangan dan memiliki perbandingan 1 : 2
dengan hasil perhitungan dari metode Pacheco Ceballos maka metode Pacheco
Ceballos merupakan metode yang paling mendekati hasil di lapangan daripada
metode Duboy, metode Rottner, dan metode Chang, Simons dan Richardson yang
dikaji pada penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sedimen, Duboy, Rottner, Chang, dan Pacheco. |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2019 03:12 |
| Last Modified: | 12 Nov 2019 03:12 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20683 |
