RENYAAN, YULIA CAHYANINGRUM (2019) Analisis Kapasitas Simpang Bersinyal ( Studi Kasus Simpang Empat Jalan Selokan Mataram – Jalan Magelang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS15977 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
TS15977 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
TS15977 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
TS15977 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
TS15977 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
TS15977 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI]
Preview
Text (BAB VI)
TS15977 6.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Lokasi simpang empat bersinyal Jalan Selokan Mataram-Jalan Magelang,
Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang merupakan salah satu jalan tembusan yang
menghubungkan jalan magelang. Sehubungan dengan aktivitas di daerah tersebut
yang padat sering terjadinya kemacetan yang selalu hamper mengakibatkan tundaan
dan antrian kendaraan yang cukup panjang terlebih pada lengan arah timur dan barat
(Jalan Selokan Mataram – Jalan Magelang)
Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data lebar pendekat
dilapangan. Pengambilan volume kendaraan dilakukan selama 3 hari yaitu Kamis
25 April 2019, Jumat 26 April 2019, dan Selasa 30 April 2019 pada jam pagi pukul
06.00-08.00 WIB, siang 12.00-14.00 WIB, dan sore 16.00-18.00 WIB.waktu
tempuh yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari kamis dan Sabtu tanggal
15, 17 Oktober 205 pada jam-jam sibuk, yaitu : pagi pukul 06.00-08.00 WIB, siang
pukul 12.00-14.00 WIB dan sore 16.00-18.00 WIB. Hasil masing masing penelitian
dipilih jam puncak tertinggi yang akan digunakan untuk analisis menggunakan
Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) untuk mengetahui kinerja
jalan di Jalan Selokan Mataram-Jalan Magelang
Berdasarkan analisis kapasitas yang telah dilakukan, di dapatkan nilai
kejenuhan untuk lengan arah utara = 1,54, lengan arah timur = 2,39, lengan arah
selatan = 0,87, dan lengan arah barat = 1,68. Dengan panjang antrian masingmasing
lengan pada lengan arah utara = 1095 meter, lengan arah timur = 380 meter,
lengan arah selatan = 86 meter, lengan arah barat 147 meter. Untuk meningkatkan
kinerja kapasitas simpang di Jalan Selokan Mataram-Jalan Magelang, dilakukan
tiga alternatif yaitu desain waktu hijau, desain geometrik jalan, dan desain waktu
hijau disertai desain geometrik jalan. Dari ketiga alternatif tersebut di pilih alternatif
ketika yaitu alternatif desain waktu hijau disertai desain geometrik jalan, dimana
nilai derajat kejenuhan pada lengan arah utara = 0,74, lengan arah timur = 0,59,
lengan arah selatan = 0,71, dan lengan arah barat = 0,62, serta panjang antrian untuk
lengan arah utara = 115 meter, lengan arah timur = 28 meter, lengan arah selatan =
77 meter, dan lengan arah barat = 17 meter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Simpang bersinyal, waktu hijau, derajat kejenuhan, panjang antrian.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Users 5930 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:09
Last Modified: 12 Nov 2019 02:09
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20678

Actions (login required)

View Item
View Item