Guterres, Antonio A. F. M (2019) STRATEGI POSITIONING UNISI RADIO 104,5 FM. S1 thesis, UAJY.
KOM04615.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (48MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki fokus pada strategi positioning Unisi radio 104.5
FM dan aktivitas branding untuk memperkuat strategi positioning tersebut.
Penelitian ini menggunakan tahapan tahapan prosedur penempatan posisi sebagai
acuan untuk meneliti strategi positioning yang dijalankan oleh Unisi radio 104.5
FM dan aktivitas branding untuk memperkuat strategi positioning. Strategi
positioning diperlukan untuk membantu perusahaan dalam meletakkan citra, nilai
baik sebuah produk dalam benak konsumen atau pangsa pasar sehingga produk
tersebut terlihat lebih unggul dan memiliki kekhasan dari produk pesaing atau
kompetitor.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
strategi positioning yang dilakukan oleh Unisi radio 104.5 FM. Metode yang
peneliti gunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan teknik wawancara langsung pada beberapa narasumber dan
data yang langsung diberikan oleh perusahaan sebagai data primer. Adapun data
sekunder yang peneliti gunakan pada penelitian ini yaitu data dari situs yang
berhubungan dengan positioning radio.
Penelitian ini menemukan bahwa strategi positioning yang dilakukan oleh
Unisi radio 104.5 FM dalam upaya penempatan posisi sebagai radio anak muda
dinamis as always positive tidak berurutan, tidak mempunyai urutan baku seperti
delapan tahapan prosedur yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2008).
Namun ada enam prosedur yang dilakukan, yaitu : (a) menentukan produk yang
ada di pasar, (b) pendataan kebutuhan pelanggan, (c) mengidentifikasi pesaing
dan mengidentifikasi kesenjangan posisi, (d) menentukan standar evaluasi dan
membuat perceptual map, (e) merencanakan dan menjalankan strategi
positioning, (f) memantau posisi. Dari enam komponen prosedur, empat
diantaranya adalah aktivitas riset. Dari empat aktivitas riset, tiga riset untuk
penetapan strategi positioning yaitu : (a) kebutuhan pelanggan, (b)
mengidentifikasi pesaing dan mengidentifikasi kesenjangan posisi, (c)
menentukan standar evaluasi dan membuat perceptual map dan satu untuk
memantau posisi / monev
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Positioning, Positioning, branding |
| Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:50 |
| Last Modified: | 30 Sep 2019 02:50 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20148 |
