BANGUN, SAINA APRIKANI (2019) DAYA TARIK BRAND AMBASSADOR IKLAN E-COMMERCE SHOPEE VERSI BLACKPINK DI KALANGAN MAHASISWA/I PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2017 UNVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
KOM04833.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan selebriti sebagai brand ambassador merupakan pilihan sebuah
perusahaan untuk memperkenalkan produk dan jasa. Pemilihan brand
ambassador yang tepat merupakan salah satu kunci utama dalam membidik
konsumen. Seorang brand ambassador akan menentukan pilihan konsumen dalam
memilih produk yang dibutuhkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
daya tarik brand ambassador iklan e-commerce Shopee Versi blackpink di
kalangan mahasiswa/i .
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif dan menggunakan data primer yang diperoleh dari reponden
melalui kuesioner yang disebar secara online melalui google form. Populasi
penelitian adalah mahasiswa/i program studi ilmu komunikasi angkatan 2017.
Sampel diambil secara acak dari sejumlah mahasiswa/i program studi ilmu
komunikasi angkatan 2017. Sampel yang digunakan adalah sejumlah 159 dari 230
jumlah mahasiswa/i program studi ilmu komunikasi angkatan 2017. Teknik
analasis data yang digunakan yakni distribusi frekuensi dan tabulasi silang.
Hasil dari analisis data memperoleh hasil bahwa Shopee menggunakan blackpink
sebagai brand ambassador melalui variabel daya tarik brand ambassador yakni
visibility, credibility, attraction dan power medapatkan keberhasilan yang tinggi
dari responden, blackpink mampu mewakili Shopee sebagai brand ambassador
yang memilliki daya tarik yang tinggi.
Kesimpulan yang didapatkan bahwa penggunaan brand ambassador dari kalangan
selebriti dalam iklan dapat menarik perhatian yang tinggi dari khalayak.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik,Selebriti, Brand Ambassador, Blackpink |
| Subjects: | Komunikasi > Advertising |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:45 |
| Last Modified: | 30 Sep 2019 02:45 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20147 |
