TRICANDRA, OKTAVIANUS (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Candi Gebang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
TS15507.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Candi
Gebang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta), Oktavianus Tricandra, NPM
14 02 15507, tahun 2019, Peminatan Transportasi, Program Studi Teknik Sipil,
Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Jalan Candi Gebang merupakan jalan yang memiliki aktifitas yang begitu
tinggi sehingga membuat jalan ini mengalami kepadatan di saat jam-jam sibuk
dan tidak jarang dapat mengakibatkan kemacetan di beberapa titik. Sepanjang
jalan ini terdapat beberapa toko-toko, bank, seminari dan pedagang kaki lima
yang begitu banyak, dengan semua alasan itu membuat aktifitas di jalan ini begitu
padat pada jam-jam sibuk.
Penelitian pada ruas Jalan Candi Gebang dilakukan pada hari Jumat 22
Maret 2019, Sabtu 23 Maret 2019, dan Selasa 26 Maret 2019 dengan cara
pengambilan 2 data yaitu data primer berupa geometrik jalan, volume lalu lintas,
waktu tempuh, dan hambatan samping, serta data sekunder berupa peta lokasi
penelitian dan jumlah penduduk. Analisis data berdasarkan Manual Kapasitas
Jalan Indonesia 1997, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun
2006.
Berdasarkan analisis yang di lalukan volume lalu lintas tertinggi di dapat
Q sebesar 1121,05 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar
548,20. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 31,05 km/jam, kecepatan rata-rata
kendaraan ringan (V) sebesar 23 km/jam, waktu tempuh 7,83 detik, kapasitas (C)
sebesar 1461,8 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,77, dan termasuk
dalam tingkat pelayanan D. Solusi pertama untuk ruas Jalan Candi Gebang adalah
memberlakukan larangan parkir di kedua sisi jalan dengan Q sebesar 1121,05
smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 413,2. Kecepatan
arus bebas (FV) sebesar 33,12 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan (V)
sebesar 25 km/jam, waktu tempuh 7,2 detik, kapasitas (C) sebesar 1542,8
smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,73, dan termasuk dalam tingkat
xix
pelayanan C. Solusi kedua untuk ruas Jalan Candi Gebang adalah melarang
kendaraan keluar masuk di sisi jalan dengan Q sebesar 1121,05 smp/jam, total
frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 234,6. Kecepatan arus bebas (FV)
sebesar 34,15 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan (V) sebesar 25
km/jam, waktu tempuh 7,2 detik, kapasitas (C) sebesar 1575,28 smp/jam, derajat
kejenuhan (DS) sebesar 0,71, dan termasuk dalam tingkat pelayanan C
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja, kapasitas, kecepatan, derajat kejenuhan, hambatan samping, dan tingkat pelayanan. |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 25 Sep 2019 04:41 |
| Last Modified: | 25 Sep 2019 04:41 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20118 |
