CAHYANTO, ANTON (2019) PERENCANAAN SISTEM MODA TRANSPORTASI WISATA DI KAWASAN KALIBIRU. S1 thesis, UAJY.
TS15948.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
PERENCANAAN SISTEM MODA TRANSPORTASI WISATA DI
KAWASAN KALIBIRU, Anton Cahyanto, NPM : 15 02 15948, Tahun 2015,
Bidang : Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas
Atma Jaya Yogyakarta
Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang diminati oleh banyak
pengunjung baik itu wisatawan dalam negeri maupun luar negeri di bidang
pariwisata. Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, salah satunya Kawasan
Kalibiru dan daerah sekitarannya. Hal ini menyebabkan timbulnya kemacetan di
saat hari libur atau akhir pekan, selain itu kurangnya pengetahuan kondisi medan
di daerah ini dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu,
dibutuhkan sistem transportasi wisata untuk memudahkan wisatawan untuk
menuju lokasi wisata di Kawasan Kalibiru.
Penelitian dilakukan dikawasan Kalibiru yang terdiri dari Waduk Sermo,
Pule Payung, Canting Mas Puncak Dipowono, dan Wisata Kalibiru itu sendiri.
Metode pengumpulan data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan
data sekunder, dari hasil data primer dan sekunder kemudian di adakan analisis
untuk mendapatkan gambaran jalur yang akan di lewati dan dapat menentukan
letak terminal angkutan wisata, sistem operasional angkutan wisata, harga
angkutan wisata, biaya operasional kendaraan, tarif penumpang, dan jadwal
operasional angkutan wisata.
Dari hasil pengamatan kendaraan Isuzu NLR 55B LX 100 PS merupakan
kendaraan yang paling sesuai dari segi biaya, tarif penumpang, dan efisiensi. Jalur
yang dilewati adalah Terminal Jalan Pengasih - Jalan Pengasih – Jalan Pengasih-
Sermo – Jalan Lkr. Sermo – Waduk Sermo - Jalan Kalibiru-Calpar – Kalibiru –
Jalan Kalibiru-Calpar – Pule Payung – Jalan Kalibiru-Calpar – Canting Mas
Puncak Dipowono - Jalan Jembatan Clereng – Jalan Pengasih – Terminal Jalan
Pengasih. Isuzu NLR 55B LX 100 PS yang berkapasitas 20 penumpang
membutuhkan 13 armada ditambah dengan 2 cadangan armada untuk memenuhi
kebutuhan pengunjung yang berkunjung. Sistem operasional yang direncanakan
menjadikan perjalanan wisata ini menjadi 1 rute yang berangkat dari terminal
rencana Jalan Pengasih, kemudian berhenti di halte Waduk Sermo, halte Kalibiru,
Halte Pule Payung, Halte Canting Mas Puncak Dipowono, dan kembali lagi ke
terminal rencana Jalan Pengasih. Jumlah petak parkir berdasarkan total lahan yang
tersedia pada terminal yang luasnya 10.800 m2 bisa memuat 626 petak parkir.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Angkutan wisata, jalur, headway, biaya opersional kendaraan, tarif, satuan ruang parkir. |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 24 Sep 2019 05:19 |
| Last Modified: | 24 Sep 2019 05:19 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20108 |
