YULIASARI, FANGESTIANI (2019) EVALUASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN X. S1 thesis, UAJY.
TI07010.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pertumbuhan restoran dan rumah makan di Yogyakarta mengalami peningkatan
pada tahun 2018, salah satu restoran yang berdiri yaitu Restoran X. Semakin
banyak restoran baru bermunculan persaingan untuk mempertahankan
pelanggan tidak dapat dihindarkan. Perkembangan tersebut membuat Restoran
X mengalami penurunan minat beli yang berdampak pada target bulanan yang
tidak tercapai untuk itu diperlukan sebuah evaluasi terhadap bauran pemasaran
yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh bauran
pemasaran terhadap minat beli konsumen dan membantu dalam mengusulkan
strategi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Metodologi yang digunakan
menggunakan analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang dengan melibatkan
penilaian konsumen terhadap bauran pemasaran (7P). Hasil yang didapatkan
yaitu secara keseluruhan bauran pemasaran berpengaruh terhadap minat beli.
Berdasarkan variabel bauran pemasaran, urutan variabel dari yang paling
berpengaruh yaitu: tempat, bukti fisik, harga, produk dan promosi. Strategi yang
dapat diusulkan berdasarkan variabel yang berpengaruh signifikan dan indikator
dengan nilai negatif tertinggi yaitu pada informasi alamat yang jelas. Strategi
yang digunakan yaitu memberikan rambu penunjuk arah dari jarak 2 km sebelum
lokasi selain itu peletakkan papan nama yang dipindahkan lebih rendah dari
tempat semula agar dapat menarik minat beli konsumen.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran, Analisis Tabulasi Silang |
| Subjects: | Teknik Industri > Sistem Manufacturing |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 18 Sep 2019 01:56 |
| Last Modified: | 18 Sep 2019 01:56 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/20015 |
