Nugraha, Giri (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KONSELING YAYASAN GAYA DEWATA Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Program Konseling oleh Yayasan Gaya Dewata Periode 2019/2020. S1 thesis, UAJY.
KOM04743.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (573kB)
Abstract
Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender (LGBT) secara perseorangan dihadapkan oleh
stigma negatif, diskriminasi, dan ancaman oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia
dalam kurun tiga tahun belakangan ini, yang disebabkan oleh konstruksi sebagian besar
masyarakat Indonesia yang heteronormatif. Menurut peneliti, setiap orang yang
memiliki kesamaan nilai (shared value) berhubungan dengan identitas gender dan
seksualitas dapat berkumpul secara kolektif membentuk sebuah komunitas. Komunitas,
menurut peneliti, memiliki peran dan fungsi sebagai ruang atau media untuk berekspresi
dengan menciptakan dialog-dialog terhadap isu-isu yang sensitif di ranah sosial dan
politik yang terjadi di kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia. Selanjutnya,
menurut peneliti, kelompok yang melakukan dialog-dialog tersebut merupakan sebuah
strategi itu sendiri sebab kelompok tersebut merupakan sumber daya manusia yang
memiliki potensi untuk menciptakan sebuah aksi kolektif yang evolutif dan holistik
dalam menyuguhkan perencanaan komunikasi terhadap isu-isu yang sensitif atau
dianggap tabu dikomunikasikan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia di ruang
diskusi publik secara strategic dan melalui taktik yang operasional. Yayasan Gaya
Dewata merupakan sebuah komunitas yang mengidentifikasi sebagai komunitas LGBT,
sebuah strategi itu sendiri, yang kemudian mengolah permasalahan-permasalahan
terkait stigma negatif yang diterima oleh kelompok LGBT dalam konteks kesetaraan di
bidang kesehatan, kemudian menyuguhkan perencanaan komunikasi dalam konteks
program konseling dengan fokus pada pencegahan kasus HIV dan penanganan penyakit
AIDS dari komunitas, oleh komunitas, untuk komunitas LGBT. Yayasan Gaya Dewata
merencanakan komunikasi yang strategik untuk program konseling melalui menentukan
khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, kemudian menyeleksi dan
menggunakan media.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Kelompok Marjinal , Perencanaan, Strategi. |
| Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:41 |
| Last Modified: | 05 Sep 2019 02:41 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/19868 |
