WINARDI, LAURENSIUS BAGUS (2019) MANAJEMEN MEDIA ALTERNATIF (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MANAJEMEN MEDIA ONLINE ALTERNATIF MOJOK.CO DALAM PERKEMBANGAN MEDIA KONTEMPORER). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of LAURENSIUS BAGUS WINARDI] Text (LAURENSIUS BAGUS WINARDI)
KOM05456.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masuknya internet dalam lanskap media di Indonesia membawa berbagai
perubahan dalam perkembangan media kontemporer. Mulai dari bagaimana
produksi konten media, distribusi, hingga strategi bisnis media yang dibungkus
dalam media online. Perubahan ini berjalan beriringan dengan tren konvergensi dan
konglomerasi media yang terjadi di Indonesia. Internet membuat informasi atau
konten media dapat diproduksi dan menyebar dengan mudah, tentu saja kemudahan
ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti semakin masifnya pengguna media
sosial yang berperan dalam penyebaran konten media ini. Kemudahan produksi
konten membuat media menjadi bukan satu-satunya perusahaan yang memiliki
akses produksi. Pendapatan utama media yang berasal dari iklan menjadi tidak
mudah lagi didapat karena perusahaan media harus bersaing dengan perusahaan
besar lainnya. Hal ini membuat media online harus menerapkan strategi baru dalam
menyiasati perkembangan ini yaitu dengan lebih memperbanyak konten.
Banyaknya konten media di internet ternyata tidak diiringi oleh peningkatan
kualitas konten yang diproduksi. Akibatnya, konten yang lalu-lalang di internet
menjadi seragam karena tuntutan untuk meningkatkan kuantitas produksi. Hal ini
menyebabkan lahirnya media yang berlandaskan dari komunitas untuk mencoba
menghadirkan konten yang lebih beragam untuk pembaca dalam bentuk media
alternatif. Mojok.co merupakan media alternatif yang bergerak secara online yang
telah berdiri selama empat tahun. Lalu bagaimana Mojok.co dapat bertahan dari
persaingan industri media kontemporer dengan batasannya sebagai media alternatif
yang berlandaskan modal komunitas dan batasan lainnya?
Penelitian manajemen media berusaha melihat bagaimana media dapat
bertahan dari kondisi media kontemporer yang berlangsung. Konteks yang ada
dalam penelitian ini adalah Mojok.co yang mengklaim dirinya sebagai media
alternatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memaparkan bagaimana
manajemen media alternatif Mojok.co dalam menyesuaikan diri dengan
perkembangan media kontemporer yang sedang berlangsung saat ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Media, Media Alternatif, Konten Media, Perkembangan Internet.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Users 5930 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2019 05:09
Last Modified: 04 Sep 2019 05:09
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item
View Item