WILANTEN, ANGELICA FORTUNA GALUH (2019) EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI SUPLEMEN ANAK HIROKIDS PADA IBU BEKERJA & IBU TIDAK BEKERJA (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Iklan Televisi Suplemen Anak Hirokids pada Konsumen Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja). S1 thesis, UAJY.
KOM05675.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Iklan televisi sangat beragam dan sampai saat ini masih menjadi daya tarik bagi
pemasar. Salah satunya yaitu PT Hermed yang mengiklankan produknya berupa
suplemen anak Hirokids. Iklan suplemen anak Hirokids ini memaparkan informasi
keunggulan produk Hirokids. Iklan Hirokids ditujukan pada ibu-ibu yang memiliki
anak usia 0-12 tahun.
Penelitian ini akan melihat efektivitas iklan televisi suplemen Hirokids yang
diperbandingkan antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Pengukuran efektivitas
dilakukan dengan metode Customer Response Index (CRI). Metode CRI akan
mengkaji mengenai tingkat awareness, comprehend, interest, intention, action.
Didapatkan fakta bahwa ibu tidak bekerja lebih banyak menonton televisi sehingga
akan lebih terterpa dengan iklan Hirokids. Maka, penelitian ini merupakan
penelitian yang memperbandingkan efektivitas ibu bekerja dan ibu tidak bekerja.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan survey dan alat
bantu kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden ibu-ibu yang terdiri
dari 50 ibu bekerja dan 50 ibu tidak bekerja. Uji validitas dan reliabilitas pada
penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan angka CRI rendah yaitu 5%. Maka dapat
disimpulkan bahwa iklan Hirokids tidak efektif. CRI responden ibu bekerja
diperoleh sebesar 0,2% sedangkan CRI pada responden ibu tidak bekerja adalah
sebesar 4,8%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa hasil perhitungan CRI lebih
tinggi pada ibu tidak bekerja. Maka, iklan Hirokids lebih efektif pada responden ibu
tidak bekerja dibanding dengan ibu bekerja.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Iklan Televisi, CRI, Efektivitas |
| Subjects: | Komunikasi > Advertising |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 26 Jul 2019 02:45 |
| Last Modified: | 26 Jul 2019 02:45 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/19564 |
