Mangiri, Hariyanto Tri Putra (2019) ANALISIS KESELAMATAN LALU LINTAS DI JALAN BRIGADIR JENDERAL KATAMSO, GONDOMANAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
TS15240.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang dari tahun
ke tahun mengalami kenaikkan jumlah penduduk dan tingkat penggunaan
kendaraan pribadi yang besar. Selain itu, Yogyakarta juga merupakan kota pelajar
dan kota wisata yang sering dikunjungi, baik oleh pelajar yang ingin melanjutkan
studi maupun wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang ingin menikmati
berbagai tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta mengakibatkan
bertambahnya kepadatan lalu lintas.
Penelitian ini dilakukan di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Gondomanan,
Yogyakarta dengan metode pengamatan langsung di lokasi penelitian yang
dilaksanakan pada bulan November 2018 dengan menganalisis penyebab
terjadinya kecelakaan. Data yang diambil terbagi atas 2 jenis, yaitu data primer
berupa kondisi/keadaan fisik di ruas Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta ,
kegiatan/tata guna lahan, fasilitas perlengkapan jalan serta pengukuran kecepatan
kendaraan (spot speed) saat melintas di area black spot. Data sekunder diperoleh
dari Kepolisian Resor Kota Yogyakarta dan data geometrik jalan dari Dinas
PUPKP Kota Yogyakarta. Setelah itu, dianalisis menggunakan pengumpulan dan
perhitungan (inventarisasi) data.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa lokasi kejadian kecelakaan lalu
lintas pada Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Gondomanan, Yogyakarta selama 4
(empat) tahun terbanyak terdapat pada km 0-0,5 dengan jumlah kecelakaan lalu
lintas sebanyak 24 kasus. Angka kecelakaan pada tahun 2014-2017 yaitu
sebanyak 10, 13, 12, dan 6 salah satunya melebihi nilai tingkat kecelakaan (tahun
2015 memiliki 13 kasus) pada km 0-0,5 yaitu sebanyak 12 kasus sehingga pada
jalan yang disurvei sudah masuk dalam kategori black spot (lihat Bab 3.2 poin
pertama). Kecepatan kendaraan untuk sepeda motor tertinggi terjadi pada hari
Senin jam 07.00-07.15 WIB yaitu 45,23 km/jam, kecepatan kendaraan untuk
kendaraan ringan tertinggi terjadi pada hari Senin jam 07.15-07.30 WIB yaitu
46,15 km/jam dan kecepatan kendaraan untuk kendaraan berat tertinggi terjadi
pada hari Senin jam 13.00-13.15 WIB yaitu 42,98 km/jam. Usaha/upaya yang
dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di km 0-0,5 ,
antara lain dengan membuat median jalan atau batas pemisah antara jalan satu
dengan jalan di sebelahnya, memberikan rambu peringatan rawan kecelakaan
sebelum memasuki km 0-0,5 , pemasangan rambu batas kecepatan yang diijinkan
seperti batas kecepatan maksimum 40 km/jam ditempat yang mudah dilihat oleh
pengguna jalan, membersihkan rambu lalu lintas dari pepohonan yang menutupi
rambu, merawat marka jalan yang sudah pudar dengan mengecat ulang serta
penambahan rambu peringatan berbahaya seperti lampu kuning berkedip (traffic
signal).
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 11 Jul 2019 03:32 |
| Last Modified: | 11 Jul 2019 03:32 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/19358 |
