Sonata, . (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JALAN RAYA SOLO – YOGYAKARTA KM. 10 – DEPAN PINTU GERBANG TNI AU). S1 thesis, UAJY.
TS15198.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas Uturn
tehdap kinerja ruas jalan. Penelitian ini dilakukan di U-turn Jalan Raya
Solo – Yogyakarta depan Pintu Gerbang TNI AU, Kabupaten Sleman, Provinsi
Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua hari yaitu pada hari Rabu, 27 Febuari
2019 dan Sabtu, 2 Maret 2019. Dengan waktu penelitian selama 6 jam dalam
sehari yang terbagi pada jam sibuk ,pada jam 06.30 – 8.30, 12.00 – 14.00, dan
16.00 – 18.00. Dengan periode waktu selama 15 menit selama 2 jam. Data
yang diambil dalam penelitian ini diantaranya geometik jalan, volume lalu
lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan Uturn,
panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar.
Berdasarkan hasil dari pengamatan,pengambilan data dan juga analisis
data diperoleh bahwa ada faktor-faktor dan dampak dari fasilitas U-turn
tersebut terhadap kinerja ruas jalan yaitu arus lalu lintas sebelum U-turn arah
Timur ke Barat sebesar 2113,05 skr/jam dan arah Barat ke Timur sebesar
2202,05 skr/jam, hambatan samping bagian Utara dan Barat masuk dalam
kategori sangat rendah, kecepatan tempuh arah Timur ke Barat sebesar 40,74
km/jam dan arah Barat ke Timur 37,86 km/jam, kecepatan bebas (VB) untuk
kedua arah sebesar 55 km/jam, kapasitas jalan (C) untuk kedua arah sebesar
3201 skr/jam, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan sebelum U-turn arah
Timur ke Barat sebesar 0,66 (C) dan arah Barat ke Timur sebesar 0,69 (C), arus
memutar hari pertama arah Timur ke Barat sebesar 183,2 skr/jam untuk arah
Barat ke Timur sebesar 140,2 skr/jam hari kedua arah Timur ke Barat sebesar
161,7 skr/jam untuk arah Barat ke Timur sebesar 200,4 skr/jam , rata – rata
panjang antrian hari pertama arah Timur ke Barat 5,76 m untuk arah Barat ke
Timur 7,89 m dan untuk hari ke dua arah Timur ke Barat 7,29 m untuk arah
Barat ke Timur 8,67 m, sedangkan untuk waktu tundaan karena tidak di
temukan pada saat pengambilan data hari perata dan hari kedua di lokasi maka
waktu tundaan adalah 0, waktu memutar untuk hari pertama arah Timur ke
Barat selama 7,75 detik untuk arah Barat ke Timur selama 6,38 detik, hari
kedua arah Timur ke Barat selama 9,03 detik dan arah Barat ke Timur selama
7,17 detik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas U-turn berdampak
pada kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah U-turn
untuk arah ke Timur ke Barat dari 2113,05 skr/jam menjadi 2130,3 skr/jam
dan arah Barat ke Timur dari 2202,05 skr/jam menjadi 2292,8 skr/jam,
perubahan derajat kejenuhan ke arah Timur ke Barat dari 0,66 menjadi 0,67
dan arah ke Barat ke Timur dari 0,69 menjadi 0,671.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja ruas jalan, U-turn ,Pengaruh |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 25 Jun 2019 05:58 |
| Last Modified: | 25 Jun 2019 05:58 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/19132 |
