MANURUNG, MARTIN HORI JESAYA (2019) HUBUNGAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER SUHAY SALIM DENGAN MINAT BELI SKIN CARE KOREA SELATAN DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
KOM05527.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Era digital mengubah cara bagaimana suatu produk dikomunikasikan, termasuk produk
kecantikan. Seiring dengan maraknya tren online review di YouTube yang dilakukan oleh
pengguna produk kecantikan, semakin bertumbuh pula tren profesi yang disebut dengan beauty
vlogger atau biasa disebut juga beauty influencer. Suhay Salim atau kerap dipanggil Suhay
merupakan beauty vlogger Indonesia ternama saat ini. Suhay sebagai seseorang beauty vlogger
haruslah memiliki kredibilitas yang tinggi, karena hal tersebut dapat menimbulkan minat beli
dari penontonnya.
Teori yang digunakan antara lain kredibilitas komunikator, retorika, minat beli dan
intensitas menonton. Pendekatan yang dugunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode survey. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian korelasional.
Instrumen. Analisis data penelitian ini adalah korelasi pearson product moment dan korelasi
parsial untuk mengetahui hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil uji validitas dan
realibilitas pada variabel kredibilitas komunikator semua instrument dinyatakan valid dan
reliabel.
Berdasarkan uji analisis korelasi product moment, diperoleh hasil bahwa variabel
tingkat kredibilitas komunikator memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan terhadap
variabel minat beli dengan nilai korelasi 0,722 dengan signifikansi 0,000 masuk dalam kategori
koefisien korelasi tinggi dan koefisien korelasi positif dan searah artinya tingkat kredibilitas
Suhay Salim tinggi maka minat beli juga tinggi. Berdasarkan uji korelasi parsial terhadap
variabel kredibilitas Suhay Salim dengan minat beli dikontrol oleh variabel intensitas
menonton video Suhay Salim diperoleh hasil korelasi sebesar 0,576 dengan signifikansi 0,000
masuk dalam kategori koefisien korelasi sedang. Koefisien korelasi positif dan searah artinya
jika variabel kredibilitas Suhay Salim meningkat maka minat beli juga akan semakin
meningkat. Peran variabel intensitas menonton video Suhay Salim sebagai variabel kontrol
ialah melemahkan hubungan yang terjadi antara variabel kredibilitas komunikator dengan
minat beli.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kredibilitas komunikator, minat beli, beauty vlogger |
| Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 21 Jun 2019 02:05 |
| Last Modified: | 21 Jun 2019 02:05 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/19085 |
