Dollu, Michael Perwiranegara (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA ANGKUTAN UMUM (Studi Kasus : Trayek 2 Jalur Terminal Weri - Halte Kota Larantuka ). S1 thesis, UAJY.
TS156400.pdf
Download (704kB) | Preview
TS156401.pdf
Download (395kB) | Preview
TS156402.pdf
Download (251kB) | Preview
TS156403.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
TS156404.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
TS156405.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
TS156406.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Larantuka adalah salah satu ibu kota kabupaten yang ada di provinsi Nusa
Tenggara Timur tepatnya di kabupaten Flores Timur yang memiliki petumbuhan
jumlah penduduk sebesar 1,86% dalam 5 tahun terakhir yang berarti
membutuhkan sarana transportasi yang baik guna menunjang pergerakan
penduduk dari satu tempat ke tempat lain, dan salah satu transportasi yang sangat
penting bagi masyarakat di larantuka yaitu angkutan kota (angkot). Guna
tercapainya pelayanan transportasi yang baik maka dilakukan penelitian untuk
menganalisis sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
angkutan kota.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar 100 kuisioner kepada
responden dan penyebaran kuisioner dilakukan di Terminal Weri dan Halte Kota
Larantuka yang berada di Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Uji validitas dan uji
reabilitas menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Pengolahan data
dilanjutkan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis dan
dijelaskan berdasarkan kuadran masing-masing.
Dari hasil analisis diagram kartesius dan tingkat kesesuaian didapatkan
bahwa Kuadran I terdapat indikator kecepatan angkutan umum dengan nilai
tingkat kesesuaian 75,67% dan dianggap belum memuaskan sehingga perlu
diperhatikan demi kenyamanan penumpang. Pada Kuadran II, terdapat indikator
perilaku sopir saat mengemudikan angkutan umum, kenyamanan penumpang
selama perjalanan (pelecehan, tidak berdesakan, dll ), ketertiban sopir saat
mengemudikan angkutan umum, waktu tunggu angkutan umum, keamanan
barang penumpang selama perjalanan (jambret, copet, dll), keamanan penumpang
selama perjalanan (kecelakaan, merasa terancam, dll) dengan nilai tingkat
kesesuaian masing-masing 80,13%, 80,80%, 81,51%, 83,06%, 84,06%, 84,88%
dan dianggap sudah sesuai dengan harapan penumpang. Pada Kuadan III, terdapat
indikator perilaku kondektur terhadap penumpang saat memeberi uang kembalian
atau mengangkat barang, kebersihan angkutan umum, kondisi angkutan umum
sekarang (kursi, jendela, bagasi), keamanan penumpang saat naik dan turun dari
angkutan umum, dengan nilai tingkat kesesuaian masing-masing 76,30%, 76,47%,
78,77%, 80,78% dan dianggap kurang penting dan kurang memuaskan. Pada
Kuadran IV, terdapat indikator tarif angkutan umum saat ini telah sesuai dengan
apa yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, adanya bunyi dentuman musik dalam
angkutan umum dengan nilai tingkat kesesuaian masing-masing 89,43%, 96,38% dan
dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, validitas, reliabilitas, Importance Performnace Analysis. |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 13 Jun 2019 01:51 |
| Last Modified: | 13 Jun 2019 01:51 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18949 |
