SAPUTRA, HARDI ALI (2019) STRATEGI PESAN PERSUASIF SELEBGRAM HENJI WONG DALAM AKUN INSTAGRAM @henjiwong. S1 thesis, UAJY.
KOM05124.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pesan persuasif Henji
Wong dalam akun instagram @henjiwong. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam
dan dokumentasi narasumber. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek hasil wawancara dengan
dokumentasi yang berupa screenshoot caption yang berasal dari unggahan foto di
akun Instagram @henjiwong. Metode analisis data menggunakan model interaktif
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan strategi pesan persuasif yang
dilakukan Henji Wong dalam menulis caption dimulai dari menentukan target,
merencanakan pesan, dan produksi pesan yang dimulai dari (1) judul pesan, (2) isi
informasi, (3) hasil review, (4) kesimpulan dan (5) kata ajakan. Hasil dari analisis
peneliti menemukan bahwa pesan yang digunakan oleh Henji Wong lebih sering
menggunakan susunan pesan piramida yang dimana terjadi pada saat produksi pesan
yang terdiri dari judul, isi informasi, hasil review, kesimpulan, dan kata ajakan yang
melibatkan aspek pesan rasional dan emosional. Kekuatan pesan yang ditulis oleh
Henji Wong adalah pesan satu sisi bersifat positif dimana fokus pesan adalah
ingredient yang digunakan pada makanan dan apabila informasi ingredients yang
diberikan perusahaan sesuai dengan makanan yang telah dicicipi Henji Wong
menuliskan secara jujur. Namun informasi ingredients yang diberikan perusahaan
tidak sesuai dengan makananyang telah dicicipi Henji Wong tidak menuliskan kata
“tidak enak” namun menyiasatinya dengan cara memberikan pertanyaan.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pesan
persuasif yang dimiliki Henji Wong melalui 3 tahapan yaitu (1) menentukan target
sasaran follower berumur 18-38 yang ingin mencoba makanan baru dan enak, (2)
merencanakan pesan dengan melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan
bahan makanan dan pemilihan kata yang sesuai dengan target sasaran agar mudah
diterima dan dipahami oleh follower. (3) produksi pesan dengan mengedepankan 5
struktur pesan yaitu judul pesan, isi informasi, hasil review, kesimpulan dan kata
ajakan. Peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) Untuk peneliti selanjutnya
disarankan untuk meneliti efektivitas caption yang dimiliki Henji Wong terhadap
minat beli produk makanan. (2) Peneliti melihat caption tidak menyertakan unsur
pesan yang cukup kuat melekat pada makanan yang dapat diterima oleh kelompok
tertentu seperti contohnya statement halal.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pesan Persuasif, Selebgram, Endorser, Instagram |
| Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 11 Jun 2019 01:51 |
| Last Modified: | 11 Jun 2019 01:51 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18888 |
