PUTRI, KIRANA RAMANIYA (2019) PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA SITUS BELANJA ONLINE LAZADA DI KALANGAN FOLLOWERS INSTAGRAM LAZADA_ID. S1 thesis, UAJY.
KOM05080.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Perkembangan e-commerce memberikan banyak perubahan terhadap sektor bisnis
yang selama ini dijalankan di dunia nyata. Kenyataan ini menyebabkan banyaknya
pelaku bisnis yang mengembangkan usahanya melalui situs online (e-commerce),
salah satunya Lazada. Mudahnya akses informasi dan transaksi dalam berbelanja
menjadi dapat menjadi sebuah dorongan bagi seseorang untuk melakukan pembelian.
Ada kalanya individu melakukan proses pembelian melalui rasa ingin membeli begitu
saja ketika melihat suatu jasa atau barang tertentu, dengan alasan ketertarikan
konsumen dapat membeli barang atau jasa begitu saja. Tipe pembelian tersebut
dinamakan tipe pembelian tanpa direncanakan atau pembelian impulsif.
Lazada merupakan perusahaan retail berbasis e-commerce swasta Singapura yang
didirikan pada tahun 2011 oleh Rocket Internet. Website e-commerce Lazada
diresmikan dan pada 15 Maret 2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh daya tarik
promosi penjualan pada situs belanja online Lazada terhadap perilaku pembelian
impulsif di kalangan followers instagram @lazada_id, dan telah dilakukan
pengambilan sampel sebanyak 100 responden dari populasi followers Instagram
lazada_id dengan menggunakan teknik purposive sampling secara online melalui
direct message. Penelitian ini mendeskripsikan variabel penelitian melalui nilai ratarata,
dimensi, dan variabel.
Hasil lapangan yang diperoleh mengatakan bahwa sebanyak 34,9% perilaku
pembelian impulsif pada situs belanja online Lazada dipengaruhi oleh daya tarik
promosi penjualan dan sisanya 65,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar
variabel X. Maka perlu penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku pembelian impulsif yang tidak di ada dalam penelitian ini,
karena dalam penelitian ini hanya menganalisis pengaruh dari daya tarik promosi
penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif, sedangkan masih ada variabelvariabel
lain yang juga memiliki pengaruh.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | daya tarik, promosi penjualan, perilaku pembelian impulsif |
| Subjects: | Komunikasi > Advertising |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 11 Jun 2019 01:46 |
| Last Modified: | 11 Jun 2019 01:46 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18887 |
