RAMADILLA, HOPPY (2019) PENGARUH TERPAAN IKLAN DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Pengaruh Terpaan Iklan Traveloka di Youtube terhadap Minat Beli Tiket Aktivitas dan Rekreasi Wisata pada Komunitas Backpacker Indonesia Chapter Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
KOM05058.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Terpaan iklan sebagai salah satu cara yang digunakan untuk menarik minat
konsumen dan menciptakan pelanggan yang loyal terhadap Traveloka. Cara ini
digunakan sebagai bentuk komunikasi non-verbal untuk menyampaikan pesan-pesan
tertentu kepada konsumen. Dua elemen yang ada dalam terpaan iklan adalah frekuensi
dan atensi. Kedua elemen terpaan iklan tersebut memiliki pengaruh dalam membentuk
citra perusahaan Traveloka. Oleh karena itu, digunakan teori SMCR dengan konsep
dua elemen terpaan iklan dan minat beli konsumen untuk menguji variabel terpaan
iklan (X) terhadap minat beli (Y).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel sebanyak 78 orang
dengan menggunakan metode survey. Data primer diperoleh melalui kuisioner yang
diberikan kepada responden Komunitas Backpacker Indonesia Chapter Yogyakarta
(BICY). Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dan
uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan
analasis regresi linear sederhana.
Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian
valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini adalah variabel terpaan iklan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan koefisien regresi (R) sebesar
0,580 dan signifikansi 0,000. Kontribusi variabel terpaan iklan terhadap minat beli
adalah sebesar R2 33,6%. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa
ada pengaruh terpaan iklan terhadap minat beli konsumen yaitu Backpacker Indonesia
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Terpaan Iklan, Traveloka, Minat beli, Komunitas BICY, YouTube. |
| Subjects: | Komunikasi > Advertising |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 11 Jun 2019 01:43 |
| Last Modified: | 11 Jun 2019 01:43 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18886 |
