SURYA, AGATA GLORIA ATIKA (2019) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PEREMPUAN PADA PRODUK KOSMETIK MAKE OVER di OUTLET MUTIARA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
KOM04768.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Memasuki abad ke-20, perempuan memiliki peran yang diperhitungkan di
dunia industri. Peran tersebut membuat perempuan ingin berpenampilan cantik di
depan publik dengan menggunakan kosmetik, sehingga tanpa disadari kosmetik
menjadi kebutuhan pokok bagi mereka. Pencarian kebutuhan dan keinginan sebuah
produk ini akan membuat konsumen mempertimbangkan segala sesuatunya,
sehingga konsumen akan melalui proses pengambilan keputusan pembelian
produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Proses Pengambilan Keputusan
Pembelian Konsumen Perempuan Pada Produk Kosmetik MAKE OVER di Outlet
Mutiara Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan
menyatukan hasil penelitian yang ditemukan di lapangan menjadi deskripsi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi,
wawancara dan dokumentas, sehingga mengetahui bagaimana proses pengambilan
keputusan pembelian konsumen perempuan pada produk kosmetik MAKE OVER
di Outlet Mutiara Yogyakarta.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa proses pengambilan keputusan
pembelian konsumen melalui lima tahap yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian
informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah
pembelian. Hasil penelitian ini terdapat dua bagian yaitu konsumen yang
melakukan proses pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik MAKE
OVER dan konsumen yang tidak melakukan pembelian produk kosmetik MAKE
OVER. Konsumen yang sudah melakukan keputusan pembelian produk kosmetik
MAKE OVER akan berada pada dua rute yaitu rute central atau rute peripheral
dalam teori komunikasi Elaboration Likelihood Model (ELM). Konsumen berada
di rute central ketika konsumen mengetahui kebuthan, pencarian dan mengevaluasi
informasi yang diterima, sehingga konsumen pada tahap pembelian produk
kosmetik MAKE OVER memiliki proses dalam jangka waktu yang lama.
Sebaliknya konsumen pada rute peripheral ketika konsumen melakukan pembelian
produk kosmetik MAKE OVER karena terpengaruh dari idola yang disukainya dan
konsumen membeli produk disaat ada pomo-promo menarik, sehingga konsumen
berada pada tahap pembelian produk kosmetik MAKE OVER memiliki proses
dalam jangka waktu singkat.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Proses Pengambilan Keputusan Pembelian, Elaboration Likelihood Model (ELM), Produk Kosmetik |
| Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 11 Jun 2019 01:40 |
| Last Modified: | 11 Jun 2019 01:40 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18885 |
