Hendro, . (2019) PENGARUH KOMUNIKASI MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada konsumen parfum merek AXE di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
EM21399.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perusahaan harus mampu meningkatkan loyalitas konsumen pada produk
atau jasa perusahaan. Loyalitas konsumen pada produk atau jasa perusahaan dapat
dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan konsumen pada sebuah merek
melalui jalan peningkatan citra merek dan aktif mengkomunikasikan merek
perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi merek,
citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Penelitian
mengambil sampel 150 orang konsumen pengguna parfum merek AXE di
Yogyakarta yang telah menggunakan parfum merek AXE dalam enam bulan
terakhir dan minimal pernah melakukan pembelian ulang parfum merek AXE
sebanyak 2 kali. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis regresi,
path analysis, dan analisis Oneway Anova.
Hasil penelitian: 1) Komunikasi merek memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap citra merek, kepercayaan merek dan loyalitas merek. 2) Citra
merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek
dan loyalitas merek. 3) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap loyalitas merek. 4) Citra merek memediasi pengaruh
komunikasi merek terhadap kepercayaan merek. 5) Kepercayaan merek
memediasi pengaruh komunikasi merek maupun citra merek terhadap
kepercayaan merek. 6) Terdapat perbedaan penilaian konsumen pada variabel
komunikasi merek, citra merek, kepercayaan merek, loyalitas merek berdasarkan
pekerjaan dan rata-rata pengeluaran per bulan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi merek, citra merek, kepercayaan merek, loyalitas merek. |
| Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 10 Jun 2019 06:13 |
| Last Modified: | 10 Jun 2019 06:13 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18880 |
