PRANADYA, IGNATIUS NYOMAN BHAYU (2019) STRATEGI PRESENTASI DIRI PECINTA ANIME MELALUI INSTAGRAM DALAM MEWUJUDKAN CITRA POSITIF. S1 thesis, UAJY.
KOM05030.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Perkembangan komunikasi di era modern saat ini khususnya media digital
memiliki andil dalam seseorang menginformasikan dirinya kepada orang lain. Media
digital digunakan sarana bagi individu sebagai panggung sandiwara dalam melakukan
pengelolaan kesan dirinya dalam melakukan presentasi diri. Presentasi diri dikenal
sebagai proses pengelolaan kesan atau impression management (Rakhmat, 2011, h.
95). Melalui proses pengelolaan kesan, individu mampu menyeleksi dan mengontrol
perilaku mereka sesuai dengan situasi dimana perilaku pengelolaan kesan dihadirkan
serta berfungsi untuk memproyeksikan pada orang lain suatu image yang diinginkan
oleh individu tersebut.
Stigma negatif yang didapatkan oleh pecinta anime di tengah masyarakat
seperti pecinta anime yang memiliki sifat kekanak-kanakan dan anti sosial dapat
mempengaruhi pecinta anime dalam melakukan presentasi diri melalui Instagram.
Presentasi diri yang dilakukan oleh pecinta anime memiliki sebuah tujuan tertentu.
Tujuan dalam presentasi diri melibatkan strategi presentasi yang bervariasi yang
dilakukan oleh individu dalam mempresentasikan dirinya kepada orang lain (Jones
dan Pittman, 1982, p. 231-262). Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengetahui
strategi presentasi diri pecinta anime dalam mewujudkan citra positif melalui
Instagram.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kesan yang dilakukan
oleh narasumber pertama menggunakan strategi presentasi diri self promotion,
narasumber yang kedua menggunakan strategi exemplification, narasumber yang
ketiga menggunakan strategi presentasi diri self promotion, dan narasumber yang
keempat menggunakan strategi presentasi diri ingratiation. Hal – hal tersebut
menunjukkan bahwa Instagram memiliki peran penting dalam mewujudkan citra
positif yang ingin dicapai. Stigma menjadi hal yang penting dalam penelitian ini
dalam mempengaruhi tujuan dari presentasi diri yang dilakukan oleh narasumber
dalam menunjukkan citra positifnya di tengah masyarakat melalui Instagram.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan kesan, strategi presentasi diri, pecinta anime, citra positif |
| Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
| Depositing User: | Users 5930 not found. |
| Date Deposited: | 06 May 2019 03:44 |
| Last Modified: | 06 May 2019 03:44 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18539 |
