PEBELAN, VALERIA (2019) STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN KOKO CICI JOGJA DALAM MEMPROMOSIKAN AJANG PEMILIHAN KOKO CICI JOGJA 2018. S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of VALERIA PEBELAN] Text (VALERIA PEBELAN)
KOM05250.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi yang digunakan
untuk promosi ajang Pemilihan Koko Cici Jogja 2018. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui strategi komunikasi dari organisasi Ikatan Koko Cici Jogja dalam
mempromosikan event mereka, agar lebih banyak masyarakat Yogyakarta yang
mengenal dan ikut berpartisipasi menjadi duta sosial, pariwisata dan budaya
terutama budaya Tionghoa kepada seluruh masyarakat Yogyakarta. Harapannya
adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan bagi dunia luar mengenai
penyusunan dan implementasi strategi komunikasi dalam mempromosikan sebuah
event yang serupa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai lima narasumber yang
merupakan anggota Ikatan Koko Cici Jogja yang juga menjadi panitia dalam
Pemilihan Koko Cici Jogja 2018. Data dikumpulkan melalui wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi strategi komunikasi
yang dilakukan oleh Ikatan Koko Cici Jogja untuk mempromosikan ajang
Pemilihan Koko Cici Jogja 2018 tidak semua berjalan sesuai dengan aktivitas
bauran promosi. Pertama dalam mempromosikan ajang Pemilihan Koko Cici Jogja
2018 tidak ada devisi yang benar-benar memegang promosi, Public relations dan
devisi lainnya membantu promosi mulai dari tatap muka hingga promosi lewat
media baru. Kedua, pesan yang disampaikan berisi informasi dan ajakan untuk
berpartisipasi dalam ajang Pemilihan Koko Cici Jogja 2018, di dalam pesan-pesan
dipasang dengan atribut identitas budaya yang melekat pada seorang Koko dan Cici
Jogj. Pesan-pesan tersebut kemudian disalurkan melalui beberapa media seperti
media internet (online), media cetak dan media elektronik. Tidak semua bauran
promosi dikerjakan di dalam kegiatan promosi, Ikatan Koko Cici Jogja hanya
menggunakan tiga dari lima bauran promosi yang ada, pertama direct marketing
melalui direct message di media sosial Instagram. Kedua, penjualan perorangan
atau personal selling secara langsung bertatap muka dengan target sasaran. Ketiga
yaitu publikasi dan pembentukan citra positif melalui beberapa kegiatan sosial oleh
vi
Koko dan Cici Jogja. Kegiatan promosi ditujukan kepada dua target sasaran, yaitu
target sasaran utama merupakan perempuan dan laki-laki berusia 17-24 tahun,
berdomisili di Yogyakarta untuk satu tahun, berasa dari etnis Tionghoa maupun non
Tionghoa, berpenampilan menarik dan sehat jasmani rohaninya, semua sudah
menjadi persyaratan mutlak yang ditetapkan oleh pihak Ikatan Koko Cici Jogja.
Target lainnya ialah seluruh masyarakat Yogyakarta, terutama orang tua yang
memiliki anak yang berpotensi untuk dapat berpartisipasi dalam Pemilihan Koko
Cici Jogja 2018.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, promosi, special event, identitas budaya.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Users 5930 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 03:35
Last Modified: 06 May 2019 03:35
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item
View Item