OKTAVIANI, ELVINA (2019) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BIMBINGAN SKRIPSI (Studi Kasus pada Proses Bimbingan Dosen Pembimbing Skripsi dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY Periode Wisuda bulan Mei 2018). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of HALAMAN AWAL]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM052150.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
KOM052151.pdf

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
KOM052152.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
KOM052153.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
Text (BAB IV)
KOM052154.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada proses komunikasi interpersonal yang
terjadi antara dosen pembimbing skripsi dan mahasiswa pada bimbingan skripsi.
Yusuf (2010:14-15) menyatakan bahwa bimbingan kepada sasaran didik
dilakukan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa untuk memecahkan masalah
dalam proses belajarnya. Masalah yang dihadapi mahasiswa dalam bimbingan
skripsi tidak hanya seputar penyusunan skripsi, tetapi banyak permasalahan di luar
akademik yang dialami oleh mahasiswa sehingga menghambat proses pembuatan
skripsi (Rindang dalam Triyana, 2015:24-25). Oleh karena itu, komunikasi dalam
bimbingan skripsi berada pada ranah komunikasi pendidikan, namun dalam
prosesnya terjadi komunikasi interpersonal yang tidak hanya berkaitan dengan
pesan-pesan akademik saja, tetapi juga di luar akademik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah
komunikasi interpersonal dalam proses bimbingan skripsi, dan mengidentifikasi
kualitas komunikasi interpersonal pada proses komunikasi interpersonal antara
dosen pembimbing skripsi dengan mahasiswa bimbingannya Program Studi Ilmu
Komunikasi FISIP UAJY. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi interpersonal yang
terjadi pada bimbingan skripsi sesuai dengan langkah-langkah menurut Suranto
(2011:10) dengan memenuhi kualitas komunikasi interpersonal menurut DeVito
(1997:259-264) yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan
kesetaraan. Keterbukaan yang terjadi berkaitan dengan masalah tentang skripsi
hingga masalah pribadi yang kemudian menumbuhkan empat kualitas lainnya.
Proses komunikasi interpersonal dalam bimbingan skripsi tidak hanya membantu
dalam penyusunan skripsi, tetapi juga masalah di luar skripsi yang dihadapi
mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kualitas Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Skripsi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:18
Last Modified: 25 Apr 2019 02:18
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item
View Item