Krisstyoko, Trifena Indyra (2019) PENGARUH MOBILE e-WOM TERHADAP BRAND AWARENESS, BRAND LOYALTY, PERCEIVED QUALITY SERTA DAMPAKNYA PADA ATTITUDE DAN PURCHASE INTENTION (Studi word of mouth di media sosial Instagram). S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of EM21706.pdf] Text
EM21706.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Niat beli konsumen yang tinggi pada produk atau jasa perusahaan
merupakan salah satu ukuran keberhasilan awal suatu usaha. Untuk itu penting
bagi perusahaan untuk memberikan stimuli pada peningkatan niat pembelian
konsumen. Banyak cara yang dapat dilakukan pihak manajemen untuk
meningkatkan niat pembelian konsumen. Pemanfaatan teknologi informasi
(internet) seperti media sosial (Instagram) sebagai media untuk menyampaikan e-
Wom. Penyampaian mobile e-Wom dilakukan untuk meningkatkan kesadaran
merek, loyalitas merek dan persepsi kualitas, membentuk sikap yang positif dan
pada akhirnya akan menstimuli niat pembelian konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh mobile
e-Wom, kesadaran merek, loyalitas merek dan persepsi kualitas, dan sikap
terhadap niat pembelian. Penelitian ini juga dilakukan untuk menguji perbedaan
perilaku mobile mobile e-WOM, kesadaran merek, loyalitas merek, persepsi
kualitas, sikap dan niat pembelian konsumen antara konsumen yang melihat
posting produk makanan dan minuman dari restoran cepat saji asing dan lokal.
Sampel penelitian sebanyak 200 orang pengguna media sosial Instagram dan
pernah membaca posting-an mengenai produk makanan dan minuman dari
restoran cepat saji asing atau lokal minimal sebanyak 3 kali dalam tiga bulan
terakhir.
Hasil penelitian ini: 1) Mobile e-Wom memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap kesadaran merek, loyalitas merek dan persepsi kualitas. 2)
Ksadaran merek, loyalitas merek dan persepsi kualitas memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap sikap. 3) Sikap memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap niat pembelian. 4) Konsumen yang melihat posting produk
makanan dan minuman dari restoran cepat saji asing memiliki perilaku mobile
mobile e-WOM, kesadaran merek, loyalitas merek, persepsi kualitas, sikap dan
niat pembelian konsumen yang lebih baik/tinggi dibandingkan konsumen yang
melihat posting produk makanan dan minuman dari restoran cepat saji lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mobile e-WOM, kesadaran merek, loyalitas merek, persepsi kualitas, sikap dan niat pembelian.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:53
Last Modified: 11 Apr 2019 03:53
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/18273

Actions (login required)

View Item
View Item