PAMUNGKAS, SEPTIAN YONY DWI (2019) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA KERETA API PRAMBANAN EKSPRESS YOGYAKARTA-SOLO. S1 thesis, UAJY.

[thumbnail of TS15482.pdf] Text
TS15482.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Transportasi berperan penting sebagai penunjang, pendorong dan penggerak
bagi pertumbuhan daerah yang berpotensi namun belum berkembang, dalam
upaya peningkatkan dan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Menyadari
peranan transportasi darat khususnya pelayanan dalam kereta api harus seimbang
dengan tingkat kebutuhan dan tersedianya pelayanan angkutan yang ramah, aman,
cepat, lancar, tertib, teratur, nyaman, selamat dan efisien. Perlu dilakukan
pengujian tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa kereta
Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo agar penumpang mendapatkan pelayanan
yang terbaik.
Pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan kepada 100 penumpang
Kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo. Dilakukan uji validitas dan uji
reliabilitas untuk mengetahui kelayakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan
dengan menggunakan metode analisa Deskriptif dan metode IPA (Importance
Performance Analysis) yang terdiri dari analisis tingkat kesesuaian dan analisis
kuadran.
Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian, tingkat kepuasan penumpang
Kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo rata-rata 78,05 % yang
menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh layanan jasa kereta api
Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo sudah memuaskan. Dari hasil analisis
diagram Kartesius pelayanan jasa kereta api Prambanan Ekspress Yogyakarta-
Solo yang harus dipertahankan untuk waktu selanjutnya karena dianggap sangat
penting oleh penumpang dan hasilnya sangat memuaskan adalah : Variabel 3, 4, 7,
8, 13, 15, 19, dan 20. Sedangkan pelayanan yang harus diprioritaskan untuk
ditingkatkan layanan jasa kereta api Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo karena
dianggap penting oleh penumpang namun pada kenyataannya atribut tersebut
belum sesuai dengan harapan penumpang adalah : Variabel 2, 5, 10, 12 dan 14.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo, Kepuasan, Harapan Kualitas Pelayanan, Kinerja. Importance Performance Analysis (IPA) dan Analisa Deskriptif
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:17
Last Modified: 18 Mar 2019 04:17
URI: https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/17641

Actions (login required)

View Item
View Item