AL’AZHAR, TANTRA HABIYAKSA (2019) PEMODELAN JALAN SATU ARAH MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM (STUDI KASUS JALAN PASAR KEMBANG, YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.
TS162060.pdf
Download (7MB) | Preview
TS162061.pdf
Download (531kB) | Preview
TS162062.pdf
Download (347kB) | Preview
TS162063.pdf
Download (769kB) | Preview
TS162064.pdf
Restricted to Registered users only
Download (985kB)
TS162065.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
TS162066.pdf
Download (6MB) | Preview
Abstract
Jalan Malioboro, Yogykarta direncanakan akan dijadikan jalan semi
pedesterian yang berarti hanya bisa dilalui kendaraan khusus seperti Bus Transjogja,
andong, becak, dan sepeda. Perubahan Jalan Malioboro menjadi semi pedesterian
menyebabkan perubahan manajemen lalu lintas pada jalan kawasan Malioboro, salah
satunya Jalan Pasar Kembang. Jalan Pasar Kembang akan dijadikan satu arah dari
timur ke barat, hal ini mengakibatkan volume kendaraan yang biasanya melintas di
Jalan Maliboro akan menjadi melintas menuju Jalan Pasar Kembang. Oleh karena itu
diadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kinerja jalan Jalan Pasar
Kembang saat menjadi satu arah.
Pengambilan data dilakukan selama dua hari, yakni Selasa 15 Oktober 2018
dan Sabtu 20 Oktober 2018. Satu hari dibagi dalam tiga sesi, yakni pagi (06:00 -
08:00), siang (12:00 - 14:00) dan sore (16:00-18:00). Data-data yang diambil berupa
lebar jalan, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, hambatan samping, jumlah
penduduk, dan kondisi di sekitar lingkungan jalan. Selama pengamatan, volume lalu
lintas tertinggi terjadi pada Selasa sore pukul 16.45 – 17.45 WIB sebesar 3419
kendaraan/jam. Data ini yang digunakan sebagai analisis untuk mengetahui kinerja
jalan. Data dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997
dan software vissim.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa kondisi Jalan Pasar saat ini mampu
melayani arus lalu lintas tambahan akibat perubahan arah arus, dibuktikan dengan
nilai derajat kejenuhan, DS= 0,29. Nilai derajat kejenuhan yang tersebut menunjukan
kapasitas Jalan Pasar Kembang yang tidak penuh. Namun perubahan arus berdampak
pada penambahan volume lalu lintas. Pada kondisi eksisting didapatkan volume
kendaraan tertinggi 2776 kendaraan/jam sedangkan kondisi satu arah menjadi 3419
kendaraan/jam. Saat simulasi satu arah dihasilkan kecepatan rata-rata dari hasil
evaluasi vissim berupa light vehicle senilai 20,5 km/jam, heavy vehicle senilai 20,7
km/jam, motorcycle bernilai 36,5 km/jam, dan unmotorized senilai 9,3 km/jam
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | satu arah, vissim, derajat kejenuhan, volume, kecepatan. |
| Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Editor UAJY |
| Date Deposited: | 14 Mar 2019 03:20 |
| Last Modified: | 14 Mar 2019 03:20 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/17554 |
