Pinia, I Gede Indrajaya (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK. S1 thesis, UAJY.
TA152740.pdf
Download (1MB) | Preview
TA152741.pdf
Download (425kB) | Preview
TA152742.pdf
Download (277kB) | Preview
TA152743.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
TA152744.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB)
TA152745.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
TA152746.pdf
Download (22MB) | Preview
Abstract
Pendidikan memiliki peran dalam kehidupan manusia dalam pembangunan
suatu bangsa untuk menuju ke arah yang lebih baik. Di Indonesia sendiri,
pendidikan terdiri dari 3 jalur, yaitu pendidikan formal, non-formal, dan informal.
Pendidikan formal didapat saat anak mulai bersekolah, namun persebaran fasilitas
sekolah di Kota Yogyakarta belum merata. Menurut Badan Pusat Statistik Provinsi
Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Yogyakarta berada di peringkat pertama
terendah untuk jumlah sekolah dasar. Hal ini berpengaruh terhadap Angka
Partisipasi Murni di Kota Yogyakarta khususnya pada jenjang pendidikan dasar
tingkat Sekolah Dasar. Rendahnya rasio Angka Partisipasi Murni pada tingkat
Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta ini menjadi latar belakang penentuan lokasi
perencanaan Sekolah Dasar yang diharapkan mampu membantu pemerintah kota
Yogyakarta dalam pemerataan sekolah.
Tidak meratanya penyebaran sekolah juga diperburuk dengan kualitas
pendidikan di Indonesia yang cenderung mengalami penurunan dan faktor-faktor
yang mempengaruhi adalah rendahnya kualitas sarana fisik, rendahnya kualitas
guru, mahalnya biaya pendidikan, pembelajaran hanya dari buku paket, dan metode
pembelajaran secara ceramah. Merespon dari penurunan kualitas pendidikan
tersebut munculah suatu terobosan baru dalam metode pembelajaran, yaitu sekolah
alam. Fungsi utama dari sekolah alam ini adalah pendidikan alternatif melalui
observasi langsung di lapangan. Pendidikan alternatif ini diharapkan juga mampu
membentuk karakter yang dimiliki anak, oleh sebab itu psikologi anak juga harus
dikembangkan secara psikis dan fisik anak yang diharapkan anak memiliki sifat
yang jujur, percaya diri, bertanggung jawab, penolong, dapat dipercayai,
menghargai dan menghormati.
Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta ini diharapkan
mampu mendorong proses pembelajaran yang integrative, komprehensi dan
aplikatif dengan pendekatan psikologi anak
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Sekolah Alam, Sekolah Dasar, Psikologi Anak |
| Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
| Depositing User: | Editor 2 uajy |
| Date Deposited: | 12 Mar 2019 04:37 |
| Last Modified: | 12 Mar 2019 04:37 |
| URI: | https://repository.uajy.ac.id/id/eprint/17484 |
